Potret dan kekaguman

Beberapa waktu lalu saya sempat ‘hunting’ memotret beberapa gedung dan pemandangan alam yg sederhana sebagai sebuah keisengan mengisi waktu luang sewaktu perjalanan dari cikarang ke Jakarta menggunakan bis wisata bersama rekan-rekan kantor untuk sebuah acara.

Ada satu hal yg menarik pada saat memotret objek-objek gedung atau bentuk benda lainnya, yaitu perasaan kekaguman akan bentuk benda/gedung tsb setelah mendapatkan tempat tersendiri dalam pola-pola sudut dan bentuk yg saya ambil. Menyenangkan! Iya menyenangkan dapat membuat gambar-gambar hasil potret kita itu menjadi nyata dan bisa dikoleksi (photo dibawah  ini hasil jepretan saya sewaktu dalam perjalanan).

Kekaguman saya itu membuat saya sadar bahwa ada maha karya sang pencipta yang tak terhitung jumlahnya. Dan itu yg adalah hal yang paling pantas untuk di kagumi sekagum-kagumnya! Terlebih bentuk-bentuk ciptaanNya berupa landscape, laut, matahari, langit, bagian permukaan bumi dll…apabila dikemas dengan hasil photo yg menarik dan bagus dapat menularkan kekaguman dan menambah keimanan kita sebagai salah satu hasil ciptaanNya juga.

Sempat terfikir untuk mendalami photografi untuk memotret berbagai macam objek, namun sebagai seorang muslim tentulah ada aturan-aturan sendiri dalam mengabadikan objek yg menarik bagi kita. Sebagai mana hadist Rasulullah, bahwa kita dilarang untuk melukis/memotret/membuat/memajang gambar makhluk hidup yang ada di dunia ini. Seyogyanya saya harus ta’at dengan petunjuk-petunjuk dari Rasulullah tsb, krn pastilah ada faedah-faedah yang tersirat maupun tersurat yg belum kita ketahui karena keterbatasan pengatahuan kita.

Daripada Ibnu ‘Abbas, “Abu Talha, seorang sahabat Rasulullah dan seorang sahabat yang pernah bersama dalam peperangan badar memberitahu kepadaku bahwa Rasulullah berkata, “Malaikat tidak masuk ke dalam rumah yang di dalamnya ada anjing atau gambar.” Yang dia maksudkan adalah gambar yang menyerupai makhluk bernyawa.”

(Hadis Riwayat al-Bukhari, Kitab Ekspedisi Peperangan Bersama Nabi (5/59), no. 338)

Daripada Abu Talha, “Aku mendengar Rasulullah berkata, “Malaikat (Pembawa Rahmat) tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya ada anjing atau gambar yang berupa dari makhluk bernyawa”.”

(Hadis Riwayat al-Bukhari, Kitab Penciptaan (4/54), no. 448)

Dan bentuk-bentuk dibawah ini merupakan bentuk indah, landscape hasil ciptaan Allah SWT yg berhasil di dokumentasikan dengan apik.

Subhanallah…Begitu Indah! Maha suci Allah, Maha besar Allah, Maha Indah Allah… Apalah saya ini😦

One thought on “Potret dan kekaguman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s