Fitrah, Back to Basics

Allahu akbar…Allahu akbar…Allahu Akbar… Laa ilaha illalahu wallahu Akbar…

Alunan takbir menderu sepanjang malam hingga pagi, hingga saat kita duduk dan mengumandakannya lagi kemarin pagi bersama keluarga tercinta di sebuah lapangan di salah satu kantor pemerintahan dekat rumah orang tua saya. Takbir itu menandakan sah atau tidaknya kita dalam proses kelulusan selama satu bulan menjalani madrasah Ramadhan 1431 H. Takbir itu saya kumandangkan di salah satu masjid di dekat daerah Taman Mini malam  dalam keadaan basah kuyup krn hujan yg deras selepas isya’ berjamaah dalam keadaan musafir menuju rumah orang tua saya. Sudah selayaknya memang kita bertakbir, menggemakan kebesaran illahi atas segala nikmat, rahmat dan anugerah setiap hari terutama selama 30 hari yang lewat di Ramadhan lalu.

Betapa murah dan mudahnya Allah mengumbar rahmat, berkah dan ampunan di bulan tsb. Semuanya ghaib…tak terlihat dan berdasar pada keimanan kita sebagai seorang muslim, takarannya tergantung takaran keimanan kita. Makin besar keimanan dan keyakinan kita akan ampunan yang berlimpah, maka makin intens pula kita ceburkan diri ke dalam kesibukan untuk memohon ampunan sebagai bekal yaumil akhir kelak dan melupakan dunia sementara waktu.

Dan pada Ied kemarin…saya terduduk sampai saat beberapa menit kedepan menikmati khusu’nya sholat Ied 2 rakaat bersama adik saya di sebelah. Ada sesuatu yg menarik setelah sholat tsb, yaitu Khutbah sang Khatib. Saya lupa nama khatibnya, (semoga beliau di rahmati Allah)…lugas, tegas, singkat, padat dan menancap dalam hingga saat ini. Ada bebapa point yang bisa saya simpulkan dalam khutbah beliau yg dibawakan dengan cukup tegas.

Fitrah adalah kembali kepada hal-hal yg bersifat mendasar dan seharusnya  bagi manusia, yaitu menjalankan perintah Allah. Dan perintah yg vital bagi kita adalah SHOLAT! Hal penting yg diperhatikan sebelum sholat sebagai syarat sah-nya adalah WUDHU. Benar-benar sebuah pesan yg unexpected untuk sebuah moment yg diselenggarakan setahun sekali ini, dimana biasanya khutbah Ied itu berkisar seputar hubungan antara manusia dengan manusia dan amaliah bulan Ramadhan.

Sudah benarkah Wudhu kita? Sudah benarkah Sholat kita? Sudah benarkan Puasa kita? Kira-kira itulah inti dari apa yg beliau sampaikan. Beliau menjelaskan beberapa hal sepele seputar wudhu, sholat dan puasa yang banyak terlupakan orang krn kedangkalan akan ilmu agama dan hanya ikut2an saja.

Iman, Ilmu dan Amal. Ketiga pilar penting dalam menjalankan perintah Allah yang apabila cacat salah satunya maka timbullah ketimpangan dalam pelaksanaan yang berakibat tidak diterimanya amal ibadah kita. Orang yang beriman dan beramal namun tidak berilmu alias hanya menjalankan perintah karena ikut2an saja, alhasil tidak akan diterima semua amalnya. Begitu juga dengan orang yg ilmunya dan keimanannya cukup namun dalam pelaksanaan amalnya tidak sesuai dgn syariat alias salah dalam penafsiran keilmuan yang dimilikinya, alhasil juga tidak akan diterima amal ibadahnya. Demikian juga dengan orang yg memiliki ilmu dan beramal dgn sangat rajin namun hampa keimanannya dan hanya berharap sanjungan dari manusia agar dipandang alim, itu juga hanya akan menghasilkan pahala yg menguap dan menjadi debu di yaumil akhir kelak.

Sejurus kemudian saya bermuhasabbah…menghisab diri dalam perjalanan pulang hingga saat beberapa hari setelah memasuki syawal ini hingga saat tulisan ini ada.

Sudah benarkah Wudhu saya? Sholat saya? Puasa saya? Do’a-do’a saya? dll yang telah menjadi kegiatan rutin yang saking rutinnya hingga lupa ditengok apakah tetap lurus atau sudah mulai belok😀

Semoga fitri kali ini benar2 membawa kita pada kondisi fitrah, back to basics.

One thought on “Fitrah, Back to Basics

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s